Musrenbangwil eks Karesidenan Pekalongan Digelar di Pemalang

Berita

PEMALANG – Setelah berdialog dengan sejumlah elemen masyarakat Pemalang dalam acara yang bertajuk Sesarengan Mbagun Jawa Tengah, Ngopi Bareng Biar Gayeng di Desa Pecangakan, Kecamatan Comal pada Rabu tanggal 22 Maret malam, Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, Kamis (23/3/2017) menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) se-eks Karesidenan Pekalongan di Gedung RRC (Regina Convention Centre) Pemalang.

Saat berjalan menuju tempat acara, Gubernur didampingi Bupati Pemalang, H. Junaedi menyempatkan meninjau puluhan stand pameran pembangunan kabupaten/kota se-eks Karesidenan Pekalongan, yang digelar tepat di belakang Gedung RCC.

Ganjar mengatakan, prioritas pembangunan ditekankan pada pembangunan infrastruktur dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) guna meningkatkan ekonomi di daerah. Gubernur menyampaikan, pada umumnya masyarakat menilai, suksesnya pembangunan, diukur dari kondisi infrastruktur jalan yang ada. Sementara itu, terkait dengan indikator kemiskinan, khususnya yang menyangkut Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Gubernur menekankan untuk segera diatasi. Jika pada tahun ini belum tuntas, Gubernur minta untuk segera ditindaklanjuti tahun berikutnya dan seterusnya, sehingga indikator kemiskinan yang dimaksud dapat dituntaskan.

Untuk menyerap aspirasi dan usulan dari bawah, dalam acara Musrenbangwil juga dilakukan video confrence dengan salah satu desa dari masing-masing kabupaten/kota. Desa Pulosari Kecamatan Pulosari terpilih untuk melakukan video confrence dengan Gubernur dalam acara tersebut.

Sementara itu, Bupati Pemalang dalam sambutan yang disampaikan menggunakan Bahasa Jawa mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya Musrenbangwil adalah untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan kabupaten/kota di wilayah eks Karesidenan Pekalongan dengan kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Dalam Musrenbangwil, kabupaten/kota menyampaikan usulan program dan prioritas pembangunan kepada Gubenur. Berkaitan dengan hal itu, Bupati berharap Musrenbangwil bisa memantapkan semua yang hadir untuk merencanakan pembangunan dengan partisipasif, demokratis serta transparan demi mewujudkan visi Jawa Tengah, yaitu Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari. Mboten Koroupsi Mboten Ngapusi”.

Selain menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur dan seluruh peserta Musrenbangwil, baik atas nama penyelenggara maupun masyarakat Pemalang, H . Junaedi menyampaikan permintaan maaf jika dalam penyelengaraan kegiatan ada kekurangan. Bupati mengharapkan dengan kehadiran Gubernur dan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta para Bupati dan Wali Kota beserta jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota se-eks Karesidenan Pekalongan di Kabupaten Pemalang, dapat membawa manfaat khususnya bagi masyarakat Kabupaten Pemalang.

Acara dihadiri Forkopimda Provinsi Jateng, Bupati /Wali Kota dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-eks Karesidenan Pekalongan, Sekda Provinsi dan Organisasi Perangkat darah (OPD) Provinsi jawa Tengah, Sekda Pemalang dan Jajaran Perangkat Daerah (OPD) Pemalang, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan dan Organisasi Profesi.