Upaya Peningkatan Ekonomi Dan Keuangan Anggota Dewan DPRD Komisi C Melakukan Kunjungan Kerja Ke Jogja

Berita

Sejumlah anggota dewan dari komisi C DPRD Kabupaten Pemalang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta,Pemerintahan Kabupaten KulonProgo, dan DPRD kabupaten Bantul pada tanggal 30 Januaris.d 2 Febuari 2018 lalu. Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh referensi serta informasi terkait tugas Komisi C yaitu berkaitan dengan bidang ekonomi dan keuangan. Drs.Yunanto Dwi Setono selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengungkapkan Yogyakarta merupakan pusat kegiatan ekonomi terutama jasa pelayanan. Sektor jasa mengalami peningkatan luas menurut jenis bangunan lahannya. peningkatan ini menggambarkan dinamika perekonomian Yogyakarta yang di topangoleh sector jasa. pemanfaatan lahan untuk perusahaan juga terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun, mencapai 309,77 hektar pada tahun 2016.

Dalam mengembangkan sektor ekonomi dari bidang pariwisata kota Yogyakarta pemerintah melakukan berbagai upaya salah satunya melalui Kampung Wisata yang merupakan destinasi wisata unggulan. Terdapat 17 Kampung Wisata yang dibagi menjadi tujuh kelompok sesuai potensi keunggulannya. Pemerintah kota Yogyakarta juga mempunyai ikon pariwisata berbasis edukasi yang di kelola oleh dinas Pariwisata yaitu Rumah Pintar. Selain itu pemerintah Kota Yogyakarta juga sedang memperhatikan dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jumlah usaha kecil dan mikro di kotaYogyakarta sangat mendominasi di bandingkan dengan usaha menengah.  Persentasenya berkisar pada 97% pertahunnya.

Pada kesempatan kunjungan kerja di Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo di ungkapkan bahwa untuk mewujudkan kemandirian daerah adalah dengan cara menumbuhkan kemandirian masyarakatnya disemua lini kehidupan, mulai dari pertanian, perdagangan, jasa dan industri. Slogan “Bela Beli Kulon Progo” diusung dengan tujuan untuk membangun kepercayaan publik tentang potensi Kulon Progo dan memberikan nilai tambah bagi warga di Desa. Salah satu upaya yang telah diwujudkan dengan adanya produk minuman mineral lokal dengan “AirKu” yang di dasari dari visi kota kulon progo itu sendiri.

Sedangkan pada kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten Bantul, upaya meningkatan ekonomi dengan cara meningkatakan keterampilan dan kemampuan dalam bidang teknologi komunikasi. Pemerintah kota bantul bekerja sama dengan Telkom untuk bisa memberikan pelatihan IT. Disamping itu pemerintah Kabupaten Bantul dalam usaha meningkatkan kapasitas UMKM juga bekerjasama dengan Kantor Pajak dan BPD memberikan pelatihan-pelatihan yang di butuhkan. (Nurul)