DPRD Kabupaten Pemalang gelar Wayang Kulit dengan lakon “Semar Mbangun Kahyangan” bersama Ki Dalang Mangun Yuwono

Agenda Kegiatan Berita TWITTER DPRD

Dalam rangka nguri-uri budaya jawa, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pemalang menyelenggarakan Pagelaran wayang kulit pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019. bersama Ki Dalang Mangun Yuwono dengan lakon “Semar Mbangun Kahyangan”  selain Pimpinan dan  Anggota DPRD Kabupaten Pemalang acara juga di hadiri oleh Dr. H. Junaedi, SH, MM selaku Bupati Pemalang dan Forum Pimpinan Daerah serta tak ketinggalan para Kepala Organisasi Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat Pemalang.

Bertempat di depan kantor DPRD Kabupaten Pemalang Pagelaran wayang berlangsung semalam suntuk. Diantara beberapa sinden terdapat Sinden dari luar negeri  yaitu Agnes Serfozo dari Hongaria yang dengan lancarnya berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa, sehingga meningkatkan antusias semua warga yang menonton pagelaran wayang tersebut.

Lakon Semar Mbangun Kahyangan sendiri memiliki makna yang  dalam. Memberikan ajaran luhur terhadap para penonton yang tengah mencari Ilmu Kasepuhan. Mengingat di dalam lakon itu diuraikan makna Imu Sangkan Paraning Dumadi (asal-muasal dan tujuan hidup), Jumbuhing Kawula-Gusti (Penyelarasan antara tindakan hamba dengan kehendak Tuhan), Manunggaling Kawula Gusti (bersatunya antara hamba dengan Tuhan), dan Kasampurnaning Dumadi (kesempurnaan hidup).

Antusias penonton terus bertambah saat Bapak Bupati Pemalang Dr.H.Junaedi,SH,MM  dan Ketua DPRD Kabupaten Pemalang  HM.Agus Sukoco, S.IP, M.Si  ikut bernyanyi bersama sinden dengan  iringan musik gamelan.