Hari Jadi Merupakan Media Evaluasi Bagi Kegiatan dan Program

Berita

24 Januari 2015, Kabupaten Pemalang genap berusia 440 tahun, sebuah usia yang dipandang mumpuni untuk bisa membangun Peradaban dan memberikan pelayanan yang berbais kesejahteraan masyarakat. Usia 440 bagi sebuah Perjalanan Kabupaten yang terletak di Pantai Utara Jawa ini, semakin penting, ketika semua program dan kegiatan yang direncanakan satu kemaren bisa menjawab harapan dan keinginan rakyat. Untuk memberikan tempat, tentang momentum pentingnya hari Jadi, DPRD Kabupaten Pemalang menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka peringatan hari Jadi ke 440 Kabupaten Pemalang Tahun 2015. Kegiatan Rapat Paripurna ini hadiri Pimpinan dan anggota DPRD, Bupati, Forpimda, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Dinas, Kepala Kantor, Bagian, Camat, Lurah, Kades, Kasubbag, Kasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, Tokoh Masyarakat, Agama, Ormas, Orsospol, Mantan Bupati, Bakorwil III Jateng, Bupati atau Walikota Tetangga di sekitar Kabupaten Pemalang.
Sebelum kegiatan Paripurna Istimewa dimulai, diawali dengan Kirab Bendera Merah putih dan Pataka lambing Kabupaten Pemalang dari depan Kantor DPRD Menuju tempat Paripurna yang dibawah oleh para prajuri dan Penari tradisional, sesampaikan di Pendopo Bendera Merah Putih di Serahkan kepada Ketua DPRD dan Bendera Pataka diserahkan kepada Bupati Pemalang, usai penyerahan Bendera dan pataka, Rapat Paripurna Istimewa dibuka oleh ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD HM. Rois Faisal MS, S.Pdi, M.Si, Syarkawi dan H. Muktarudin.
Ketika membuka Rapat Paripurna DPRD, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si mengatakan Hari Jadi Kabupaten Pemalang yang diperingati setiap tahun diharapkan bukanlah menjadi rutinitas seremonial semata, akan tetapi dari peringatan hari jadi ini diharapkan semua unsur penyelenggara pemerintahan daerah dan seluruh elemen masyarakat mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari berbagai peristiwa masa lampau yang saat ini menjadi catatan sejarah, yang kemudian dengan itu dapat menumbuhkan semangat terhadap penyelesaian urusan yang sedang dihadapi, dan menciptakan ide/gagasan untuk menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Peringatan hari jadi ini hendaklah kita jadikan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh, jujur dan obyektif terhadap semua program dan kegiatan yang telah kita canangkan dalam kurun waktu satu tahun yang lalu. Melalui peringatan hari jadi ini pula hendaknya kita berusaha terus menanamkan dan menumbuh-kembangkan semangat kemandirian, nilai-nilai luhur, kearifan lokal, identitas dan kepribadian masyarakat Pemalang dengan tanpa terseret ke arah sentimen primordial. Sudah sewajarnya jika harapan dan semangat baru selalu menyertai pada sebuah momentum hari jadi. Oleh karena itu marilah bersama-sama berdo’a memohon kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa semoga di usianya yang Ke-440 ini, Allah SWT senantiasa memberikan curahan rahmat, bimbingan, pertolongan dan ridho-Nya kepada Kabupaten Pemalang tercinta ini, sehingga apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Pemalang yang Sehat, Cerdas, Berdaya Saing dan Berakhlak Mulia dapat tercapai..
Usai dibuka oleh ketua DPRD Kabupaten Pemalang, Rapat Paripurna DPRD dilanjutkan dengan pembacaan sejarah berdirinya Kabupaten Pemalang oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Drs. H. Budi Raharjo, MM. Sedang\kan Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM pada Paripurna Hari Jadi mengatakan Agar hari jadi Kabupaten Pemalang ke 440 menjadi media introspeksi atas segala program dan kegiatan yang telah dilakukan untuk kemajuan Kabupaten Pemalang. Selain itu, tegas Junaedi, pihaknya meminta hari jadi sebagai titik tolak untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas upaya perjuangan dalam memajukan Pemalang, oleh karena itu, masyarakat diminta untuk menyatuhkan langkah dalam membangun Pemalang ke depan yang lebih baik.
Sebelum Paripurna DPRD ditutup oleh ketua DPRD Kabupaten Pemalang dilakukan pembacaan doa dan pemotongan Tumpeng Hari Kabupaten Pemalang ke-440 oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si dan memberikan potongan tumpeng tersebut kepada Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM.