Sidak-Komisi C

Melihat Pengembangan Wisata, Komisi C Cheking Pengelolaan Pariwisata di Desa Nyamplung Sari

Berita

Pengembangan Pariwisata berbasis wisata Pantai saat ini menjadi pilihan bagi Pemerintah Kabupaten Pemalang, dalam meraih pendapatan asli daerah. Pengembangan wisata Pantai yang berada di berbagai Desa yang ada Pantura terutama yang memiliki Pantai menjadi Potensi yang menarik dan perlu dikelola dengan melibatkan stakeholder setempat yaitu Pemerintah Desa, Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pemalang.
Melihat potensi dan pentingnya peran pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang mengunjungi Pengelolaan Pariwisata di desa Nyamplungsari kecamatan Petarukan. Menurut Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang Ujianto MR, SH mengatakan kunjungan kerja ke di Desa Nyamplungsari bertujuan untuk melihat dari dekat pengelolaan dan pengembangan Pariwisata di desa Nyamplung, sebagai bagian dari upaya untuk menggali PAD dari sektor Pariwisata.
Pengembangan Pariwisata di desa Nyamplungsari kecamatan Petarukan ini, berdasarkan informasi dari Pemerintah desa, untuk pemgembangan Pariwisata di desa Nyamplung sari telah menerima bantuan PNPM Pariwisata sebesar Rp. 60.000.000 yang dimanfaatkan untuk pengadaaan gazebo dan perahu pesiar. Selain itu pada tahun 2012. Untuk pengembangan wisata desa Nyamplung sari juga telah menerima bantuan dari PNPM mandiri yang digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana mainan. Saat ini Pariwisata Nyamplungsari dikelola oleh Pemerintah desa yang dibantu oleh Kelompok masyarakat sekitar dengan sharing 40 % untuk Pemerintah Kabupaten Pemalang, 20% untuk operasional pengelolaan dan 40 % untuk Kas Desa.Sedangkan tarif untuk masuk ke kawasan Pariwisata Nyamplungsari dikenakan tarif sebesar Rp. 3000. Adapun jumlah pengunjung yang datang ke tempat Wisata di desa Nyamplungsari tersebut pada saat liburan rata-rata sebanyak 1.500 orang per hari. Pemerintah desa Nyamplungsari, sebagai pengelola juga menyatakan dalam pengelolaan dan pengembangan Wisata ini juga menghadapi kendala berupa pendanaan atau modal, perluasaan lokasi dan penataan lokasi
Menyinggung pengelolaan dan pengembangan Pariwisata di desa Nyamplung sari, setelah melihat dari dekat, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang Ujianto MR, SH mengungkapkan agar Pariwisata di Desa Nyamplung dengan untuk terus dikembangkan dalam rangka untuk memberikan sumbangsih bagi Pendapatan asli daerah dan agar Dinas terkait untuk memberikan dukungan dalam pengembangan dan pengelolaan Pariwisata di Desa Nyamplungsari. ( Sri )