Kunker- Komisi B

Komisi B Cek Jalan Rabat Beton, Untuk Tingkatkan Usaha Tani

Berita

Dalam rangka untuk meningkatkan jaringan Transportasi jalan bagi peningkatan kualitas ekonomi pedesaan, Pemerintah Desa Kalitorong telah membangun Jalan Rabat beton yang menghubungkan Desa Mangli dan Desa Sambeng Kecamatan Randudongkal sepanjang 250 meter yang dianggarkan pada tahun 2015 saat ini telah selesai. Sehubungan telah selesainya Pembangunan Jalan rabat beton yang membelah dua persawahan tersebut, maka Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang mengadakan pengecekan langsung kondisi dan kualitas Jabatan rabat tersebut.
Menurut Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang HM. Wardoyo menjelaskan Kunjungan kerja ke Desa Kalitorong ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat pembangunan sarana dan prasarana di pedesaan, terutama pembangunan jalan dan jembatan dalam mendukung perkembangan perekonomian desa. Sementara itu Kepala Desa Kalitorong Riyanto kepada Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang menjelaskan pembangunan jalan rabat selain sebagai penghubung dua desa dikecamatan Randudongkal ini, juga dalam rangka untuk meningkatkan usaha pertanian desa Kalitorong. Lebih lanjut Riyanto mengungkapkan jalan rabat ini semula merupakan jalan setapak yang berada ditengah-tengah sawah dengan lebar 60 cm dan sekarang diperlebar menjadi 3 meter serta dibuat rabat beton selbar 2,5 meter. Pembangunan jalan rabat beton ini, jelas Riyanto mendapat sambutan baik dari masyarakat, karena akses masyarakat ke desa Mangli dan Sambeng mudah dan lancar,bahkan dampak tidak langsung yaitu naiknya harga tanah disekitar jalan tersebut yang semula sekitar Rp. 4 juta untuk luas tanah ¼ hektar sekarang menjadi 25 juta.
Usai mengadakan ceking terhadap jalan rabat tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang HM. Wardoyo meminta kepada Kepala Desa Kalitorong agar bisa merawat dan memanfaatkan jalan tersebut bagi peningkatan kualitas usaha pertanian di desa kalitorong. ( Fah )