RPI- Hari Jadi

Suksesi Kepemimpinan, Jadikan Media Untuk Menata Pola Kinerja Dalam Melayani Masyarakat

Berita

Tepat Tanggal 24 Januari 2016, Kabupaten Pemalang berusia 441 tahun, usia yang dipandang cukup matang untuk menata pola Pemerintahan yang mengedepakan pelayanan kepada masyarakat. Usia 441 ini, bagi Pemerintah dan masyarakat Pemalang merupakan bagian penting dalam melanjutkan suksesi kepemimpinan daerah, setelah dengan lancar dan aman menyelenggarakan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2015. Untuk menyambut dan melanjutkan suksesi tersebut, dalam rangka hari jadi Kabupaten Pemalang telah mengadakan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pemalang. Sebelum Rapat Paripurna dimulai, diawali dengan Kirab Pusaka yang dilakukan oleh Bupati Pemalang dan SKPD dari Makam Pangeran Benowo Penggarit sampai Pendopo Kabupaten Pemalang. Ketika sampai didepan Pringgitan, Pataka yang terdiri bendera merah putih diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Pemalang dan Pataka berupa lambang Kabupaten Pemalang diserahkan Bupati Pemalang..
Usai proses penyerahan Pataka dilanjutkan persembahan dari Tari Budaya Saptorenggo di Pendopo Kabupaten Pemalang, kemudian baru Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pemalang dalam rangka Peringatan hari jadi ke-441 Kabupaten Pemalang dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si . Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Kepala Bakorwil III Provinsi Jawa Tengah; Bupati Pemalang beserta istri; Wakil Bupati Pemalang beserta istri; Anggota FORPIMDA, masing-masing beserta isteri; Komandan Pangkalan TNI AL Tegal; Dan Sat Radar 214 Tegal; Para Bupati/Walikota se Bakorwil III; Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Pemalang; Sekretaris Daerah beserta isteri; Para Mantan Bupati dan mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang; Para Kepala SKPD, Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang; Para Alim Ulama, Sesepuh Pinisepuh dan Tokoh Masyarakat; Pimpinan Partai Politik, LSM dan Organisasi Sosial Kemasyarakatan; Seluruh jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang; Seluruh Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pemalang; Para MUSPIKA se-Kabupaten Pemalang dan Para Kepala Desa se-Kabupaten Pemalang.
Ketika membuka Rapat Paripurna Istimewa, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si mengatakan hari Jadi Kabupaten Pemalang yang kita peringati setiap tahun diharapkan tidak menjadi rutinitas seremonial semata, akan tetapi dari peringatan hari jadi ini diharapkan mampu menggugah semangat kebersamaan bagi semua unsur penyelenggara pemerintahan daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman masa lampau, guna menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, Ungkap Ketua DPRD, perlu ditekankan bahwa peringatan hari jadi ini hendaklah di jadikan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh, jujur dan obyektif terhadap semua program dan kegiatan yang telah di canangkan dalam kurun waktu satu tahun yang lalu. Selain itu melalui peringatan hari jadi ini pula hendaknya kita berusaha terus menanamkan dan menumbuh-kembangkan semangat kemandirian, nilai-nilai luhur, kearifan lokal, identitas dan kepribadian masyarakat Pemalang dengan tanpa terseret ke arah sentimen primordial.
Lebih lanjut, HM. Agus Sukoco mengungkapkan pada tahun ini Kabupaten Pemalang akan melaksanakan suksesi kepemimpinan sebagai konsekuensi pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember yang lalu, sehingga suksesi kepemimpinan ini akan membawa perubahan menuju Pemalang ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera. Mengiringi suksesi kepemimpinan tersebut, hendaknya kita jadikan momentum dan semangat hari jadi ini untuk kembali menata pola kerja. Agar kedepan kita dituntut untuk dapat bekerja keras, bekerja cepat dan bekerja dengan cerdas terlebih dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Disamping itu, Peringatan hari jadi ke 441 Kabupaten Pemalang tahun 2016, merupakan peristiwa istimewa yang masuk dalam catatan sejarah Pemalang, karena peringatan hari jadi ke 441 tahun 2016 yang diselenggarakan pada tanggal 24 Januari, bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang periode tahun 2011-2016. Oleh karena itu hari ini merupakan hari terakhir kebersamaan DPRD bersama dengan H. Junaedi SH. MM dan Mukti Agung Wibowo, ST sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pemalang masa jabatan tahun 2011-2016.
Dalam pembukaan Rapat Paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang juga menyoroti keberhasilan Pemerintah Kabupaten Pemalang selama periode 2011-2016. Menurut Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si mengungkapkan dalam kurun waktu lima tahun Kepemimpinan H. Junaedi, SH, MM dan Mukti Agung Wibowo, ST mampu meraih berbagai prestasi yang membanggakan, baik ditingkat provinsi maupun nasional. Dari sekian banyak prestasi dan penghargaan, terdapat beberapa prestasi tingkat nasional yang sangat membanggakan, antara lain : Penghargaan Lencana Dharma Bhakti dari Presiden RI untuk prestasi Bupati Pemalang dalam Bidang Pembinaan Generasi Muda tahun 2011; Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang meraih Piala Pakarti Utama I sebagai Pelaksana Terbaik I Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional Tahun 2011; Penghargaan Anugerah Parahita Eka Praya Tingkat Pertama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2012; Penghargaan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) untuk Bupati Pemalang dari Presiden RI tahun 2012;Juara 1 Nasional Lomba Penilaian Kinerja Budidaya Rumput Laut tahun 2013;Bupati Pemalang meraih penghargaan Parahita Eka Praya Kategori Madya dari Presiden RI dalam bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2013;Bupati Pemalang mendapat penghargaan ”Karta Adi Darma” sebagai Pembina Karang Taruna Teladan Tingkat Nasional 2014 dan Penghargaan “Kabupaten Layak Anak” kategori Pratama Tingkat Nasional untuk Bupati Pemalang sebagai Kabupaten yang memiliki komitmen dalam upaya mewujudkan kesejahteraan anak Tahun 2015. Atas prestasi pada tingkat provinsi dan nasional tersebut, jelas Agus Sukoco, DPRD menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati dan Wakil Bupati Pemalang H. Junaedi SH. MM dan Mukti Agung Wibowo, ST., atas semua prestasi dan penghargaan yang dapat diraih berdua selama periode tahun 2011-2016. Namun, ketua DPRD, juga berharap agar berbagai capaian prestasi dan penghargaan tersebut hendaknya jangan membuat lupa diri, akan tetapi capaian prestasi dan penghargaan yang sudah diraih pada waktu yang lalu hendaknya dapat jadikan tolok ukur prestasi untuk masa yang akan datang, bahkan harus lebih baik
Setelah rapat paripurna Istimewa DPRD dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah berdirinya Kabupaten Pemalang oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Drs. Budi Raharjo, MM. Sedangkan Bupati Pemalang dalam Rapat Paripurna Istimewa tersebut mengatakan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang kali ini memiliki makna yang sangat mendalam baginya, karena bertepatan dengan berakhirnya tugas dirinya sebagai Bupati Pemalang masa jabatan tahun 2011- 2016. Lebih lanjut Junaedi mengungkapkan sejak pengambilan sumpah dirinya sebagai Bupati Pemalang bersama wakil bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST masa jabatan tahun 2011-2016 dengan dibantu seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang segera bekeras untuk mewujudkan visi kabupaten Pemalang yaitu Kabupaten Pemalang yang sehat, Cerdas, Berdaya Saing dan berakhlak mulia.
Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, jelas Junaedi, pihaknya mendapatkan dukungan yang tak terkira dari segenap stakeholder yang ada di Kabupaten Pemalang. Semua Stakeholder yang ada segera memberikan dukungan sesuai dengan bidang masing-masing dan jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang segera bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Seiring dengan rahmat Allah SWT yang maha kuasa dan dukungan dari semua pihak, pada akhirnya semua program-program pembangunan Kabupaten Pemalang secara umum bisa terlaksana dengan baik. Pembangunan fisik, Infrastruktur transportasi, Pendidikan, Kesehatan maupun ekonomi dan perdagangan dapat berjalan lancar, sehingga akses masyarakat terhadap fasilitas pendidikan dan kesehatan dapat lebih mudah lagi serta aktifitas ekonomi masyarakat semakin meningkat. Selain itu terbangunnya berbagai infrastruktur tersebut, pada akhirnya turut mendukung tercapainya indikator yang telah ditargetkan. Hal ini bukti dari adanya dukungan yang kuat dan kerjasama yang sinergi antara Pemerintah Kabupaten Pemalang dan segenap stakeholder yang ada, juga telah menjadikan Kabupaten Pemalang dalam lima tahun terakhir ini mampu merahi berbagai prestasi yang membanggakan pada tingkat Provinsi dan Nasional.
Kegiatan rapat paripurna diakhiri dengan pemotongan Tumpeng Hari jadi oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si , kemudian diserahkan kepada Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM.