Belajar Pengawasan Kegiatan Fisik DPRD Purworejo Datangi DPRD Pemalang

Belajar Pengawasan Kegiatan Fisik DPRD Purworejo Datangi DPRD Pemalang

Berita

Untuk meningkatkan pengawasan kegiatan fisik, dalam agenda pembangunan di Kabupaten Purworejo, Komisi B DPRD Kabupaten Purworejo mengadakan kunjungan kerja ke Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang. Dalam kunjungan ini, Komisi B DPRD Kabupaten Purworejo dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD kabupaten Purworejo Setiarso Widodo yang dikuti , Ketua Komisi dan 11 Anggota Komisi B dan didampingi dua orang dari Sekretariat DPRD kabupaten Purworejo.

Rombongan Komisi B DPRD Purworejo, ketika berada di DPRD Kabupaten Pemalang diterima oleh Ketua Komisi B Mahbub Junaedi, SE, M.Si, Anggota Komisi B dan SKPD yang membidangi pembangunan fisik.

Ketika diterima oleh Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Setiarso Widodo mengatakan kedatangannya di DPRD Kabupaten Pemalang dimaksudkan untuk belajar mengenai pengawasan pelaksanaan kegiatan fisik di Kabupaten Pemalang. Sedangkan Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang M. Mahbub Junaedi, SE, M.Si ketika menerima Komisi B DPRD kabupaten Purworejo mengatakan, Pengawasan yang dilakukan oleh komisi B dalam kegiatan fisik di Kabupaten Pemalang dilakukan dengan melakukan kunjungan lokal dalam daerah dan daerah- daerah tertentu untuk melakukan study comparative dalam rangka untuk mengetahui kondisi infra sturktur yang sedang dibangun. Disamping juga melakukan kegiatan legislasi terkait perijinan untuk kegiatan proyek.

Sedangkan terkait pengawasan kegiatan fisik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang, Kepala Bappeda Kabupaten Pemalang Ir. Sudaryono, Ces ketika ditanya oleh anggota komisi B DPRD Purworejo mengungkapkan Setiap tahun tema kegiatan yang ada di APBD selalu berganti atau berbeda sehingga secara otomatis perhatian yang diberikan selalu berbeda. Disamping itu, jelas Daryono, pihaknya juga selalu bekerjasama dengan Komisi B dalam menentukan target dalam pembangunan infrastruktur, sehingga ketika melakukan pengawasan kegiatan fisik harus ada komunikasi bersama antara Bappeda dan Komisi B, mulai dari sistem lelang, dalam arti diusahakan untuk ketat dalam arti kontraktor sudah “jelas”yang ditunjuk. Kemudian, jelas Daryono, menyinggung mengenai tema APBD Bappeda selalu mengkaji secara benar sehingga mampu, mulai dari perencanaan harus mantap dan tepat., sehingga perencanaan untuk lelang agar sesuai dengan capaian kinerja yang ada di RPJP dan dapat dievaluasi bersama dengan Bppeda untuk mendapatkan capaian kinerja yang diharapkan.

Sementara itu Anggota Komisi B Sutono menjelaskan komisi B DPRD Kabupaten Pemalang selalu mengawal kegiatan fisik melalui rapat-rapat komisi tentang pembahasan APBD agar tidak terjadi silpa seperti di tahun Anggaran 2012 yang terjadi silpa begitu banyak . Disamping itu diusahakan agar di tahun 2013 ini anggaran dimaksimalkan untuk menghindari silpa yang banyak.