Kunker

Belajar Bidang Transportasi, Komisi B Datangi Lamomgan dan Tuban

Berita

Pembangunan bidang transportasi dewasa ini dianggap penting, karena bidang ini secara langusng akan dapat mendukung dan membantu pertumbuhan ekonomi dan dunia usaha. Selain itu bidang transportasi yang merupakan bagian dari bidang perhubungan, juga dapat mendorong berkembangnya sektorm Pertanian, industry dan perdagangan. Mencermati penting peran pembangunan dibidang perhubungan terutama transpostasi, maka Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang gelar knjungan kerja ke DPRD Kabupaten Lamongan dan Tuban Jawa Timur.
Ketika tiba di DPRD Kabupaten Lamongan, Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang diterima Moh Amin, SE Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lamongan yang didampingi oleh anggota Komisi dan SKPD yaitu DPU Bina Marga, DPU Cipta Karya, Bappeda, KLH, Dinas Perhubungan, Dinas Pengairan dan Bagian Pembangunan Pemerintah kabupaten Lamongan. Pada kunjungan tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang HM. Wardoyo mengatakan kedatangannya di Kabupaten Lamongan dalam rangka untuk mengetahui proses pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan dibidang pertanian, pengembangan industri dan transportasi.
Sementara itu, kepada Komisi B DPRD Kabupataen Pemalang, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lamongan Moh Amir, SE mengatakan untuk meningkatkan hidup displin tertib lalu lintas, pihaknya meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sesuai dengan amanat Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, dimana Pemerintah berkaewajiban menyelenggarakan pendidikan berlalu lintas. Selain itu Dinas Perhubungan juga telah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat, Pelajar dan pengemudi kendaraan bermotor, sehingga setiap orang yang berkendara di jalan raya memahami terhadap peraturan tentang berlalu lintas dengan benar. Disamping memberikan pemahaman tentang berlalu lintas dengan benar juga Dinas Perhubungan telah berupaya semaksimal mungkin menyediakan fasilitas kelengkapan jalan sesuai yang dibutuhkan, sehingga dengan bekal pengetahuan berlalu lintas dan sarana kelengkapan jalan akan mampu meningkatkan displin dan keselamatan berlalu lintas. Adapun langkah yang diambil oleh Dinas Perhubungan dalam upaya untuk mewujudkan transportasi yang mendukung dunia usaha agar bisa menekan biaya produksi, menurut Moh Amir, mengungkapkan Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan telah merumuskan perencanaan transportasi secara makro dan berkesinambungan yaitu dengan merencanakan pembangunan jalan lingkar di beberapa tempat yang bertujuan untuk memperlancar aktifitas transportasi dan mempermudah aksesibilitas serta berupaya meningkatkan status ruas jalan yang menjadi jalur utama pendukung kegiatan industri wilayah utara dan wilayah selatan dan tengah Lamongan, sehingga diharapkan dapat memperpendek jarak dan waktu tempuh yang akan dapat menekan biaya produksi. Kemudian untuk menertibkan angkutan liar, menurut Amir, pihak Perhubungan mengadakan kegiatan penertiban dan operasi terpadu, sosialisai terhadap awak Kendaraan angkutan umum sehingga dari kegaiatan dimaksud diharapkan mampu menekan tidak pelanggaran hiukum terhadap penyelenggaraan angkutan umum di Kabupaten Lamongan dan hal ini dilakukan secara berkala dan rutin.
Selain berkunjung ke DPRD Kabupaten Lamongan, Komisi B DPRD Kabupaten Pemalang juga berkunjung ke DPRD Kabupaten Tuban Jawa Timur. Ketika berada di DRPD Tuban, Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang mendapatkan informasi dalam rangka meningkatkan displin berlalu lintas, pihak Dinas Perhubungan telah melakukan kegiatan sosialisasi keselamatan LLAJ, Mengoptimalkan keberadaan forum LLAJ kabupaten untuk menjalin kerjsama dan koordinasi dengan instansi terkait terutama resort Tuban, Menyelenggarakan kegiatan pemilihan pelajar pelopor lalu lintas, Pemilihan awak angkutan umum teladan dan Mengikuti wahana tata nugraha untuk mengukur tingkat kinerja LLAJ. Sedangkan untuk mewujudkan transportasi yang dapat mendukung dunia usaha agar menekan biaya produksi, dilakukan oleh Dinas Perhubungan denganmMelakukan penertiban kendaraan angkutan barang yang melebihi tonase di jalan kabupaten, bekerjasama dengan dinas perhubungan provinsi jawa timur dan kepolisian resort tuban untuk pengawasan di jalan nasional dan provinsi dan melaksanakan pembinaan kepada awak angkutan umum. ( Fahrudin )