RDP IDI

Dengar Pendapat IDI dengan DPRD terkait Usulan Penanggulangan Covid-19

Berita

Menyikapi perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Pemalang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pemalang berinisiatif melakukan dengar pendapat dengan DPRD Kabupaten Pemalang terkait usulan penanggulangan wabah Covid-19 di Kabupaten Pemalang.  Dengar pendapat dihadiri oleh Pimpinan DPRD, Satgas Lawan Covid-19 DPRD Kabupaten Pemalang, IDI, Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Pemalang, Dinas Kesehatan dan RSUD M Ashari.  

Dr. Darmanto, M.Kes, Sp.PD, FINASIM selaku Ketua IDI Cabang Pemalang mengungkapkan usulan dari IDI mempertimbangkan adanya peningkatan jumlah pemudik dari Jakarta dan kota lain yang menjadi zona merah, adanya tenaga medis yang dinyatakan positif, ketersediaan APD yang masih sangat kurang jika dibandingkan kebutuhan para tenaga kesehatan serta resiko tinggi terjadinya penularan yang dihadapi oleh tenaga medis yang bertugas di pelayanan kesehatan masyarakat.

Beberapa usulan yang disampaikan  antara lain agar Pemerintah Daerah menyampaikan /mengumumkan identitas penderita Covid-19 secara terbuka terutama kepada seluruh tenaga kesehatan sebagai langkah antisipasi, adanya rumah karantina khusus bagi petugas kesehatan yang terpapar pasien Covid-19, bantuan keuangan bagi tenaga medis yang di karantina, penyediaan APD lengkap untuk seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, intruksi kepada semua tenaga kesehatan  yang melakukan pelayanan pasien di RS, Puskesmas, Klinik maupun praktek mandiri untuk mengenakan APD lengkap, pembatasan jam pelayanan di fasilitas kesehatan dan bagi petugas kesehatan yang memiliki penyakit komorbid atau berusia 60 tahun keatas untuk melakukan kerja dari rumah.

Menanggapi usulan tersebut setelah dengar pendapat dengan OPD terkait, Ketua DPRD akan merekomendasikan usulan tersebut kepada Pemerintah Daerah. Selain itu Ketua DPRD juga akan merekomendasikan adanya tes PCR yang memiliki akurasi lebih tinggi daripada Rapid test. Lebih lanjut juga akan dikaji perlu tidaknya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengingat meningkatnya pasien positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Pemalang.